40 Ribu Jajaran Polda Jatim Divaksinasi

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Sebanyak 40.282 anggota di jajaran Polda Jawa Timur akan divaksinasi covid-19. Dengan vaksinasi itu diharapkan bisa menekan penyebaran covid-19, dengan memperkuat daya tahan tubuh.

“Vaksinasi hari ini mulai dilaksanakan bagi seluruh anggota Polri di masing-masing polres jajaran Polda Jatim. Besok, vaksinasi juga dilakukan bagi seluruh anggota di Mapolda Jatim,” kata Kapolda Jatim, Irjen Polisi Nico Afinta, di Mapolda Jatim di Surabaya, Rabu (24/2/2021).

Kata Nico, ada 40.282 orang dari seluruh anggota di Jatim, dan menerima Vaksin sebanyak 800. Hari ini 600 vaksin digunakan, dan untuk yang 200 vaksin sudah digunakan kemarin. “Kami juga menyiapkan vaksinator 1.824 anggota, dokter, perawat, bidan, sudah ada 770 yang bersertifikat, kemudian kami siapkan 422 yang sudah di latih, sehingga ada 1.200 siap menjadi vaksinator untuk membantu pemerintah, dalam memberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Selanjutnya untuk nakes sendiri, dari seluruh jajaran Polda Jatim sebanyak 4.211. Nico menghimbau untuk seluruh tenaga kesehatan Polri untuk mendukung program pemerintah. “Kita ketahui bersama, vaksin ini juga diberikan kepada orang tua, kepada teman-teman wartawan, dan lainnya. Kami dari Polri siap mendukung untuk memberikan tenaga vaksinator supaya bisa berjalan dengan baik dan herd immunity bisa timbul di seluruh Jawa timur,” ujarnya.

Nico memastikan vaksin Covid-19 aman. Dia juga mengaku tidak merasakan efek samping apapun, usai menerima dua dosis suntikan vaksin Sinovac. “Vaksin Covid-19 ini aman, dan tidak ada efek samping setelah disuntik. Saya sendiri sudah disuntikkan dosis kedua dan alhamdulillah aman,” kata mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Polisi Gatot Repli Handoko, menambahkan bahwa seluruh anggota polres di jajaran Polda Jatim hari ini serentak mulai menjalani vaksinasi Covid-19. Perwira menengah itu menyebut pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua untuk petugas pelayanan publik, total ada sekitar 2.600 anggota Polrestabes Surabaya yang akan menerima suntikan vaksin Covid-19.

Dari jumlah itu, kata dia, dibagi menjadi dua tahap, yang di masing-masing jadwalnya ada 1.200 anggota yang menerima suntikan vaksin. Sementara untuk anggota polsek, lanjut dia, penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan di puskesmas yang ada di wilayah masing-masing. “Pelaksanaan vaksinasi untuk 1.200 anggota Polrestabes Surabaya yang mendapat jadwal pertama dibagi lagi menjadi tiga hari, dengan kuota 400 anggota per harinya,” katanya. (Amal Insani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here