35 Keluarga Dhuafa Mendapat Bantuan Kambing

Wakil Bupati Gresik, HM Qosim melihat kambing bantuan Baznas Pusat.

GRESIKLingkarjatim.com– Sebanyak 15 anggota kelompok peternak Sumber Makmur Desa Kertosono Kecamatan Sidayu dan 20 peternak Barokah Desa Bangeran Kecamatan Dukun, mendapat bantuan kambing dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) masing masing mendapat amanah 9 ekor kambing.

Penerima manfaat tersebut merupakan warga masyarakat yang tergolong miskin, dan telah terjaring dan terverifikasi dari hasil Studi Kelayakan Peternak Mustahik (SKPM). Sebelumnya mereka diberi Pelatihan Dasar Kelompok (PDP) ahli peternakan dari Jakarta.

KH Masdar Farid Masudi Komisioner Baznas bidang Supervisi Jawa Timur, mengatakan ternak yang disalurkan ke kelompok Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik yaitu 329 ekor. Terdiri dari 14 ekor pejantan, 140 ekor induk dan 175 ekor bakalan. Ternak domba ini dikelola oleh 35 kepala keluarga untuk dikembangbiakan, dimana setiap peternak akan memelihara 4 ekor induk dan 5 ekor bakalan.

Baca Juga :  Hebat, Bedanten Meraih Penghargaan Desa Tangguh Bencana dari Gubernur Jatim

“Dari hasil budidaya ini, diharapkan selama pemeliharaan 2 tahun dapat menghasilkan anak minimal 588 ekor,” ujar KH Masdar Farid saat penyerahan bantuan di Desa Kertosono Kecamatan Sidayu.

Menurut KH Masdar Mashudi, dipilihnya Kabupaten Gresik sebagai penerima manfaat ternak kambing ini karena Gresik memiliki potensi untuk pengembangan kambing ini.

“Program pengembangan ternak kambing untuk kaum dhuafa ini, sebelumnya telah dilaksanakan oleh Baznas Gresik dan sukses. Untuk itu, kami membuat program ini dengan lebih terstruktur dengan harapan para penerima manfaat ini nantinya bisa menjadi Muzakki” tuturnya.

Wakil Bupati Gresik Dr. Mohammad Qosim, mewakili masyarakat dan selaku Pemerintah Kabupaten Gresik menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Gresik.

“Seperti harapan Baznas, kami ingin nantinya para penerima ternak ini nantinya akan menjadi Muzakki” ujarnya. (Khudhaifi)           

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here