Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 16 Aug 2017 13:17 WIB ·

17 Agustus, Tim Ini Kibarkan Bendera 178 Meter di Gunung Arjuno


17 Agustus, Tim Ini Kibarkan Bendera 178 Meter di Gunung Arjuno Perbesar

Tim Sabuk Merah Putih bentangkan bendera merah sepanjang 178 meter

PASURUAN, Lingkarjatim.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf melepas pasukan “Sabuk Merah Putih” di Pos Jaga Wisata Alam Tretes, Pasuruan, Jatim, Rabu (16/8/2017). Pasukan yang berjumlah 800 orang tersebut akan membentangkan bendera merah putih sepanjang 178 meter di Pos II Kokopan (jalur pendakian Arjuno-Welirang).

Dalam sambutannya, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf menyatakan, ada banyak cara warga untuk menunjukkan kecintaanya pada bangsa dan negara Indonesia. Salah satunya yang dilakukan tim Sabuk Merah Putih. Mereka akan membentangkan bendera yang cukup panjang di ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut (mdpl).

“Saya sangat mengapresiasi yang dilakukan tim sabuk merah putih ini. Pesannya sangat bagus, mari jaga hutan, mari rawat hutan,” katanya.

Perjalanan pendakian diperkirakan memakan waktu selama hampir lima jam. Bendera dirangkai dengan menggunakan bambu. Masing-masing pendaki memegang bambu tersebut untuk membawa bendera ke kaki gunung. Tidak hanya orang dewasa, tim ini juga diikuti anak-anak. Semua peserta mengenakan t shirt berwarna hitam bertuliskan ‘Bangkit’ sebagai tagline pendakian.

“Perjuangan tim ini sangat berat. Dengan membawa bendera yang cukup panjang, maka perlu kerjasama yang baik antar masing-masing pendaki agar bisa sampai ke tujuan,” imbuh Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Panitia Sabuk Merah Putih, Agung Hidayat mengatakan, semua tim dalam kondisi yang sangat siap untuk pendakian. Baik itu dari sisi perlengkapan maupun dari sisi fisik.

Semua peralatan medis juga disiapkan untuk mengantisipasi dan memberi bantuan penanganan pertama pada yang mengalami kecelakaan.

Setidaknya, butuh waktu sekitar lima bulan bagi tim untuk menyiapkan acara yang akan kembali diadakan di tahun depan tersebut. “Nanti bendera akan kami turunkan pada tanggal 18 Agustus,” ujarnya. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA