Tim PKM Program Studi Pendidikan Informatika FIP UTM Menyelenggarakan Workshop Optimalisasi Fitur Google untuk Pembelajaran di Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com РAbad 21 ditandai dengan adanya perubahan perilaku masyarakat akibat pesatnya perkembangan teknologi informasi.  Masyarakat terbiasa beraktivitas menggunakan berbagai media dan platform digital baik untuk komunikasi, belanja, bahkan membangun bisnisnya.

Tujuan pendidikan berkaitan dengan pemberdayaan sumberdaya manusia perlu menyiapkan generasi bangsa melalui pembelajaran abad 21.  Dalam menghadapi tantangan abad 21 siswa perlu dilatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif perlu juga dibekali literasi digital. Diharapkan dimasa depan siswa tidak hanya sebagai pengguna setiap aplikasi, namun diharapkan juga dapat mengambil peluang untuk masa depan mereka.

Tentu peran guru sangat dibutuhkan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi abad 21. Diantaranya sumber belajar bukan dari buku saja, namun guru dapat merancang dengan lebih kontekstual di paltform media digital. Google menyediakan berbagai fitur seperti Google Classroom, Google Dokumen, Google Meet, Google Formulir, Google Chat, dan Google Sites.

Oleh sebab itu Tim Dosen Program Studi Pendidikan Informatika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (FIP UTM) melaksanakan kegiatan workshop optimalisasi fitur Google dalam pembalajaran Abad 21 di Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur yang selaras dengan tuntutan program merdeka belajar. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada  hari Rabu, 22 September  2022, pukul 09.00 – 12.00 WIB,  bertempat di SMP Plus Nurul Hikmah, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.  Kegiatan diikuti oleh 15 orang guru, yang terdiri Guru IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Informatika, PAI, dan Tahfidz.

Kegiatan diwalai melalui sambutan ketua Panitia kegiatan PKM yaitu Dr. Sigit Dwi Saputro, M.Pd. dialajutkan dengan sambutan dari pihak sekolah SMP Plus Nurul Hikmah Ibu Tri Sulistini, M.Pd dialnjutkan pemaparan materi, pembagian kelompok simulasi penggunan fitur google sites dalam merancang bahan ajar. Setiap kelompok didampingi oleh TIM dosen Program Studi Pendidikan Informatika FIP UTM.

Berdasarkan hasil pengisian kuisioner yang disebar melalui Google Form peserta workshop merespon positif kegiatan ini, mereka akan mencoba menerapkan pengelolaan bahan ajar kedalam fitur google agar melatih literasi digital dan mengefektifkan kegaiatan pembelajaran. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here