Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Tragah, Abdimas 38 UTM Adakan Sosialisasi Produk Olahan Dari Jagung

BANGKALAN, Lingkarjatim.com
Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada tanggal (07/01/2020) melaksanakan pengabdian di Desa Bajeman, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan. Salah satu program utamanya adalah sosialisasi produk olahan dari jagung yaitu “Nugget Jagung”.

Masyarakat Desa Bajeman mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Beberapa masyarakat berprofesi sebagai pedagang dan memproduksi suatu olahan berbahan utama jagung.

Nugget jagung terbuat dari bahan utama jagung manis dan dibumbui dengan rempah-rempah yaitu bawang putih, bawang merah, garam, dan penyedap rasa. Bahan tambahan lain ada tepung terigu, tepung panir, wortel dan daun bawang sebagai pelengkap isi.

Sosialisasi tersebut dilakukan bersama dengan masyarakat Desa Bajeman Bapak/Ibu serta Saudara/Saudari. Selain untuk mengenalkan produk unggulan dari abdimas 38, kegiatan tersebut bertujuan memberdayakan lansia supaya memiliki kegiatan baru yang dapat bermanfaat untuk membantu dan meningkatkan perekonomian mereka.

Baca Juga :  Abdimas di Plakaran, Mahasiswa UTM Bikin Alat Pemipil Jagung

Milati Akromah selaku penanggung jawab program tersebut menjelaskan dalam pembukaan acara “Pada umumnya masyarakat Desa Bajeman sudah sangat pandai mengolah berbagai macam produk dengan menggunakan bahan utama jagung misalnya, jelly dan dodol. Jadi, kami di sini bukan untuk menggurui tetapi hanya memberi tambahan inovasi baru yang sebelumnya belum pernah ada. Bahwa jagung masih dapat diolah sebagai makanan yaitu Nugget Jagung”. Dari pemaparan Mila tersebut masyarakat paham bahwa ternyata jagung dapat diolah menjadi berbagai macam bahan pokok makanan.

Masyarakat Bajeman mengikuti kegiatan sosialisasi yang dipaparkan oleh abdimas 38 dengan antusias bahkan dari mereka ada yang dengan gamblangnya menyatakan bahwa nugget jagung yang dikenalkan abdimas 38 patut untuk dicoba.
Harapan kami setelah adanya sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengembakan produk menjadi olahan tersebut sebagai produk unggul di Desa, sehingga dapat membantu dan meningkatkan perekonomian di Desa Bajeman. (*)

Baca Juga :  Mahasiswa UTM Latih Warga Pembuatan Produk Unggulan dan Online Marketing di Pengabdian Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here