Hindari Perilaku Cyber Bullying di Masa Pandemi Mahasiswa FH UMM Berikan Penyuluhan Pada Pelajar SMP

MALANG, Lingkarjatim.com – Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) memberikan Penyuluhan tentang Anti Cyberbullying dalam Penyuluhan dan Sosialisasi pada hari Rabu, 28 April 2021 diselenggarakan di SMP Muhammadiyah 4, Dinoyo, Kota Malang. Dibawah asuhan dosen Said Noor Prasetya, SH, MH dan Cholidah, SH., MH selaku dosen pengampu PMM Mitra Dosen FH UMM 2021, penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih mengenai bahaya dari Cyberbullying dan agar para siswa terhindar dari perilaku bullying oleh siswa yang lainnya.

Kasus Cyberbullying di Indonesia menempati peringkat ketiga dunia yaitu sebanyak 91% laporan Cyberbullying dialami oleh anak-anak. Angka ini terus meningkat  seiring  dengan perkembangaan pandemic Covid 19 yang hal ini terjadi karena di masa pandemi anak menggunakan gawai atau gadget untuk pembelajaran jarak jauh selain itu, interaksi antar peserta didik dilakukan secara daring dan kemudahan akses terhadap sosial media yang tidak dapat dibatasi sehingga perundungan di kalangan siswa juga tidak dapat dihindari.

Pengertian Cyberbullying adalah perlakuan kasar yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang, menggunakan bantuan alat elektronik yang dilakukan secara berulang-ulang dan terus-menerus pada seorang target yang kesulitan membela diri.

Tindakan Cyberbullying dapat melalui perantara seperti pesan yang mengandung kata-kata negatif, kata-kata yang dapat membuat seseorang mengarah pada tindakan bullying seperti abnormal, pengecut, aneh, banci, bodoh, buruk, gila, jelek, khianat, dan munafik. Sehingga diperlukan upaya peningkatan kesadaran dan pemahaman siswa sekolah menengah pertama terhadap cyberbullying serta meningkatkan peran aktif siswa Sekolah Menengah Pertama di SMP Muhammadiyah 4 Dinoyo Malang.

Sebagai bentuk upaya pencegahan dalam upaya mengantisipasi kejenuhan kegiatan siswa dalam masa pandemik Covid 19 yang memaksa pembelajaran kelas secara luring menjadi secara daring yang menjadikan pemanfaatan Gadget sebagai sarana utama dalam pembelajaran.

Selain memberikan penyuluhan tentang Anti Cyberbullying kami mahasiswa PMM juga melakukan post test kepada siswa sehingga mereka paham akan materi yang telah diberikan. Acara penyuluhan berjalan dengan lancar hingga selesai. Materi-materi yang tersampaikan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan penyuluhan dan sosialisasi kali ini, harapan yang sangat besar dari pihak PMM Mitra Dosen FH UMM 2021 untuk para siswa mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai Anti Cyberbullying dan siswa terhindar dari perilaku Cyberbullying kepada siswa lain. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here