Bagaimana Sector Publik Tanpa Audit? Yuk Simak Seberapa Penting Audit Dalam Sector Publik

*Oleh Lutfiyatul Munawaroh

KELAKAR, lingkarjatim.com – Sector public merupakan sector yang menaungi perekonomian atas berbagai layanan pemerintah untuk masyarakat. Sector public  meliputi pemeritahan pusat, pemerintah daerah serta organisasi. Selain itu, sector publik berperan penting dalam segala aspek yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan Negara. Seperti yang kita tau, sector ini menyediakan berbagai layanan public yang sering kita jumpai sehari-hari yakni transportasi public, kesehatan, pendidikan, perumahan, pertahaan serta insfrastruktur seperti jalan, pelabuhan air dan listrik.

Sayangnya, kinerja pemerintahan saat ini bisa dikatakan buruk di mata masyarakat sehingga menumbuhkan rasa ketidakpercayaan lagi masyarakat kepada pemerintah. Namun, pada hakekatnya organisasi sector public pemerintah merupakan suatu roda yang berasal dari masyarakat. Masyarakat tentu masih menaruh harapan kepada pemerintah agar dapat lebih mengayomi dengan baik.Maka dari itu, pemerintah mengimbangi dengan membangun pemerintahan yang baik (good governenace)
Lalu, apa peran audit dalam hal ini ? seperti yang kita ketahui bersama audit merupakan kegiatan memeriksa dan mengungkapkan temuan-temuan yang di anggap tidak wajar.

Sedangkan sector public ini menggenggam kendali atas layanan-layanan untuk masyarakat oleh pemerintah. Untuk itu sangat perlu adanya pengawasan yang khusus terhadap pemerintah dalam pengelolaan layanan masyarakat tersebut. Pemerintah sangat di tuntut untuk bisa bersikap transparan dan mampu mempertanggung jawabkan kinerjanya baik kepada Negara maupun masyarakat. Sebagai bukti kejujuran serta tanggung jawab ini lah perlu adanya audit untuk memeriksa dan mengungkapkan segala sesuatu mengenai kinerja pemerintah.
Untuk apa audit ini dilaksanakan? Audit dilakukan untuk memeriksa atas kemungkinan adanya tindakan keurangan yang di lakukan oleh pemerintah dan oknum yang terkait.

Lalu bagaimana jika sector publik tanpa audit? pemerintah beserta oknum terkait akan dengan mudah melakukan kecurangan, penyelewengan dana yang seharusnya menjadi hak masyarakat dan hal ini  akan mengakibatkan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah serta memungkinkan adanya konflik berat antara masyarakat dengan pemerintah yang pasti akan berdampak terhadap keamanan dan kesejahteraan Negara Indonesia.
Nah, bagaimana sobat? Sudah paham seberapa pentingnya audit dalam sector public. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan khususnya di bidang audit sector public.

*Mahasiswi FEB Universitas Muhammadiyah Malang

Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here