Kolaborasi Dengan Puskesmas, Mahasiswa UTM Berikan Layanan Kesehatan ODGJ 

Sampang, Lingkarjatim.com,- Mahasiwa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berkolaborasi dengan puskesmas Desa Tambak, kecamatan Omben Sampang melaksanakan posyandu jiwa untuk memeriksa kondisi kesehatan Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ) di desa setempat, Jumat (15/09/23).

Posyandu jiwa adalah salah satu program layanan yang diadakan khusus untuk mengecek kondisi kesehatan para pasien ODGJ yang ada di lingkungan sekitar.

Kali ini terdapat sebanyak enam pasien ODGJ yang mendapatkan pelayanan kesehatan Posyandu jiwa yang dilaksanakan di salah satu kediaman pasien ODGJ.

Dengan adanya kegiatan posyandu jiwa ini diharapkan para pasien ODGJ bisa mendapatkan rekam jejak kesehatan serta pelayanan pengobatan rutin secara berkala.

Setiap pasien ODGJ mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tensi darah serta pemberian obat-obatan menyesuikan terhadap kesehatan masing-masing ODGJ.

“Kegiatan posyandu jiwa sangat membantu para pasien ODGJ terutama dalam hal pemberian obat-obatan dan pemeriksaan kondisi kesehatan jiwa para pasien ODGJ. Selain hal itu, dengan kegiatan ini para pasien ODGJ juga dapat tetap terhubung dengan pihak dinas kesehatan khususnya puskesmas agar memiliki rekam jejak kondisi perkembangan kesehatan jiwa mereka,” Ucap Fadia Nur Ardini ketua tim Abdimas Merdeka belajar Kampus Merdeka 2023.

Menurutnya hal tersebut juga sesuai dengan tujuan diselenggarakannya Posyandu jiwa yaitu untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi pasien ODGJ untuk mencapai kondisi kesehatan jiwa yang stabil dan mengalami perkembangan yang positif. (Hasin)

Leave a Comment