Menu

Mode Gelap

KESEHATAN · 4 Aug 2023 19:04 WIB ·

Ribuan Warga Surabaya Alami Obesitas


Ribuan Warga Surabaya Alami Obesitas Perbesar

SURABAYA – Lingkarjatim.com,- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, menyebut ada 153.476 orang yang mengalami perkembangan dengan risiko obesitas (Indeks Massa Tubuh >25) pada Juni 2023. Nanik mengaku pihaknya intens memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah obesitas tersebut.

“Salah satunya dengan memberikan penguatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang kesehatan, berupa sosialisasi tentang faktor risiko obesitas dan bahaya obesitas bagi kesehatan melalui penyuluhan langsung kepada masyarakat, media sosial, elektronik dan lainnya,” kata Nanik, di Surabaya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Nanik mengatakan, Dinkes Surabaya juga memberikan edukasi tentang makanan seimbang. Juga mengimbau dan mengarahkan untuk melakukan cek kesehatan secara rutin di Puskesmas, dan layanan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pos Bindu) di masing-masing wilayah.

“Sosialisasi juga dilakukan melalui imbauan agar menghindari masyarakat Makanan Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK),” katanya.

Tak hanya itu, Nanik mengaku juga melakukan antisipasi terkait obesitas di Surabaya melalui Puskesmas di setiap wilayah. Sosialisasi itu mulai dari kegiatan penyuluhan bagi kader dan masyarakat umum, kegiatan pemeriksaan terpadu (Bindu) serta pemeriksaan Terpadu Jiwa, Rokok dan Narkoba (Bindu Jirona).

“Sosialisasi juga dilakukan pada kegiatan pertemuan rutin lainnya di masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan RT/RW, kelurahan dan lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, faktor risiko obesitas (Indeks Massa Tubuh >25) lebih rentan terkena pada kelompok usia >18 tahun. Seperti di antaranya, pria berinisial S (51) warga asal Kelurahan Kapasmadya Baru, Kecamatan Tambaksari Surabaya. Sebelumnya, pria tersebut harus dievakuasi oleh Tim Gerak Cepat (TGC) untuk mendapatkan perawatan ke rumah sakit pada Selasa, 1 Agustus 2023 lalu.

“Intervensi yang dilakukan terhadap pasien tersebut oleh Tim TGC yaitu telah dilakukan evakuasi dan merujuk pasien ke RSUD dr Soetomo,” ujarnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PWI Sidoarjo Gelar Resepsi dan Talkshow dalam Rangka HPN 2024

29 May 2024 - 17:21 WIB

Dinas Pertanian Anggarkan 2 M Lebih Hibah Hand Traktor untuk Poktan di Bangkalan, Ini Syarat dan Ketentuan Jika Ingin Mengajukannya

29 May 2024 - 08:09 WIB

Jadi Temuan BPK Sehingga Biaya Pemasangan Listrik Pasar KLD Dibebankan ke Pedagang, Aktivis Senior: Lah Iya Itu Lucu

28 May 2024 - 20:27 WIB

Polemik Pemasangan Listrik Berlanjut, Kepala Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan : Sesuai Perintah Dinas

28 May 2024 - 20:14 WIB

Rekruitmen PPS Dinilai Bermasalah, Ada Mantan Caleg Lolos Seleksi

26 May 2024 - 12:50 WIB

Masyarakat Apresiasi Artis di Samsat Sampang

25 May 2024 - 14:07 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA