Oleh : Nadhif Shidqi H*
KELAKAR, Lingkarjatim.com- Industri digital membantu Pemerintah mengatasi permasalahan-permasalahan Pandemi Covid-19. Platform digital baik decacorn maupun unicorn diantaranya Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Halodoc, dan Ruangguru telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah dan Beribadah di Rumah.
Gojek dan Grab yang memfasilitasi kebutuhan kita yang tidak bisa didapatkan dari rumah,contohnya pembelian makanan dan lain lain.Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah. Bukalapak, Tokopedia,yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah. Serta Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah.Seluruh operator telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan Covid-19 secara interaktif.
Namun salah satu hal yang menjadi masalah adalah berkurangnya produktivitas karena banyak pekerjaan yang menghilang akibat pandemi covid,banyak karyawan yang terkena PHK dan semakin banyak orang yang menganggur,tapi hal ini dapat diatasi dengan bantuan internet dan platform digital.Lalu bagaimana caranya?Bagi anda yang merasa kekurangan penghasilan dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau sekedar menambah kegiatan produktif bisa memakai platform digital dibawah ini yang sesuai dengan skill yang anda miliki.Tentunya skill dibawah bisa dipelajari asalkan anda tekun dan konsisten menjalankannya.Berikut bidang dan platform yang bisa anda manfaatkan:
Bidang Photography
Envato,Getty Images,Shutterstock,Videvo, Dll.Dengan platform tersebut anda bisa menjual karya potret anda dengan dollar.Disini seluruh intelektual properti anda akan dihargai dan dilindungi.Anda bisa menggunakan smarphone yang ada digenggaman tangan anda sekarang untuk memotret momen langka yang mungkin akan sangat mahal harganya
Bidang Bercerita,Membuat Sound Effect,Musik Komposer
Sudah tersedia platform seperti Epidemic,Spotify,Youtube Music,Apple Music,Soundcloud dll.Tempat dimana anda bisa mengeksresikan jiwa anda dengan bebas melalui audio.Anda bisa memasarkan musik maupun podcast anda pada platform tersebut.Tentunya jika anda memiliki bakat dan suara yang bagus akan menjadi nilai tambah.
Bidang Designer,Performer,Model
Platform seperti Freelancer,Upwork,Fiverr,Peopleperhour dan lainnya.Tempat dimana anda bisa menjual jasa dan waktu anda dengan dollar.Jika anda menguasai software seperti photoshop,coreldraw anda dapat menjual karya desain anda melalui platform tersebut.sedangkan jika anda adalah seorang performer atau model anda bisa memasarkan diri anda dengan platform fiverr
Bidang Menulis
Menulis adalah skill yang paling mudah dijangkau semua orang.karena menulis adalah hal yang lumrah kita lakukan.Jika anda memiliki bakat dalam menulis dan memiliki cerita yang menarik baik fiksi maupun diambil dari kisah nyata anda dapat menuangkan karya anda pada platform seperti Wattpad,Storial.co,Steller dll..sudah banyak penulis penulis yang berhasil sukses dari platform tersebut bahkan tulisan mereka sampai dibuat menjadi sebuah film
Bidang Grafik Artis,Ilustrator
Grafik artis dan Ilustrator adalah pelukis didunia modern.Bagi anda yang memiliki bakat menggambar atau melukis anda bisa menggunakan bakat anda ke Platform seperti Behance,Etsy,99designs,Webtoon,Artstation,Deviant art.Karya anda akan terekspos ke jutaan orang jika anda memiliki kualitas yang diperlukan dan tentunya platform ini akan menghasilkan uang untuk anda
Bidang Pembuatan Game,Programmer
Apabila anda memiliki kemampuan untuk membuat game akan menjadi keuntungan yang besar.Namun kemampuan yang terakhir ini lumayan sulit untuk dipelajari karena anda harus memahami apa itu algoritma dan coding.perlu waktu yang lama untuk mempelajarinya namun jika anda tekun tentu tidak ada yang tidak mungkin.jika anda bisa membuat game dan berhasil memasarkan pada platform seperti Playstore,Appstore,Steam,gog.com,Playstation store,microsoft store,Nintendo shop. keuntungan yang didapat bisa sangat besar mengingat peminat game dizaman sekarang sudah sangat banyak. (*)
*Penulis adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.
Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.