Pentingnya Peran Profesionalisme Audit Sektor Publik Dalam Pencegahan Terjadinya Kecurangan (Fraud)

*Oleh : Putri Nilam

KELAKAR, lingkarjatim.com – Apa itu fraud? Fraud adalah kecurangan yang dilakukan secara sengaja yang dimana tindakan dalam fraud ini bisa terjadi di suatu perusahaan besar maupun perusahaan kecil dan bisa juga terjadi pada pihak ketiga. Terjadinya suatu fraud disebabkan oleh dari beberapa alasan atau faktor yang mempengaruhinya, untuk menghindari terjadinya fraud sebaiknya harus dilakukan audit yang dimana peran audit sangat membantu dalam mendeteksi fraud/kecurangan yang disengaja. Dengan adanya peran profesionalisme audit sektor publik dalam pencegahan terjadinya fraud itu sangat baik dan harus dilakukan audit dengan sesering mungkin.

Arti kata dari Profesionalisme yaitu, suatu tanggung jawab yang berprilaku sangat penting, sikap professional dari seorang auditor sangat penting dalam menghasilkan audit yang berkualitas hal ini juga auditor memiliki tanggung jawab untuk pengambilan keputusan berdasarkan pertimbangan yang dimiliki dan solusi dari terjadinya fraud(kecurangan), terjadinya Fraud biasanya terdapat, tindakan hukum yang lemah, kesempatan untuk melakukan fraud , dan masalah ekonomi. Biasanya jenis- jenis fraud itu seperti, korupsi, data palsu, penyimpangan aset, penggelapan uang atau juga pencurian data. Dengan terjadinya kecurangan/ fraud peran profesional audit sangat membantu dan mengawasi atau memeriksa adanya terjadi kecurangan atau tidak serta melakukan pencegahan dan pendekteksian fraud, dalam melakukan tugasnya auditor juga harus melalukan invetigasi, dengan itu auditor juga harus memliki keahlian dan pengetahuan yang luas sehingga bisa memecahkan terjadinya fraud dan mengetahui kendala-kendala terjadinya dari fraud.

Dengan demikian Peranan Profesionalosme Auditor Sektor Publik dalam Pencegahan Fraud dibilang sangatlah penting karena kata professional itu adalah tanggung jawab sehingga audit mendapatkan hasil yang berkualitas karena pada dasarnya Auditor yang professional akan mengambil keputusan berdasarkan yang dimilikinya, dengan hasil yang sempurna sehingga tidak ada terjadinya kecurangan(fraud). Kemudian syarat utama dari sifat auditor yaitu profesional dan tanggung jawab karena dengan adanya profesionalisme yang cukup tinggi maka auditor itu sangat dipercaya dan mendapatkan hasil yang berkualitas sehingga dapat mendeteksi hal-hal apa saja yang terjadi sehingga terjadinya fraud. Maka dari itu peran profesionalisme sangat bermanfaat dapat menghasilkan laporan yang cukup akurat dengan adanya sikap professional dalam auditor untuk mencegah Fraud.

*Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here