Pengaruh Audit SDM : Mengidentifikasi Penyimpangan guna untuk Meningkatkan Kinerja didalam Perusahaan

Oleh : Khintan Ayuba*

KELAKAR, Lingkarjatim.com – Audit manajemen mempunyai beberapa bagian salah satunya yaitu Audit Sumber Daya Manusia. Dalam audit Sumber Daya Manusia kegiatan yang dilakukan berupa pemeriksaan dan penilaian yang secara sistematis, objekif dan terdokumentasi terhadap fungsi manajemen dengan tujuan agar dapat memastikan pengelolaan SDM sudah terpenuhi.

Audit sumber daya manusia sangat penting bagi suatu perusahaan
karena hal tersebut berguna untuk membantu perusahaan dalam mengevaluasi dan mengidentifikasi pelanggaran terhadap sistem pengendalian internal, kebijakan dan sistem kerja yang diterapkan di dalam perusahaan guna mengurangi proses internal yang dapat memicu timbulnya pelanggaran hukum.

Audit sumber daya manusia secara sistematis dapat membantu pihak manajemen pada suatu perusahaan untuk mengetahui dan menemukan kebijakan apa yang seharusnya diambil agar dapat meningkatkan efektifitas kinerja karyawan.

Baca Juga :  Green Accounting dan Penerapannya dalam Menghadapi Masalah Lingkungan

Dalam mengelola sumber daya manusia manajemen sangat berperan penting dalam melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan di dalam perusahaan. Proses evaluasi yang banyak pada perkembangan para tenaga kerja tentu akan berpengaruh baik karena dapat mengetahui apakah ada penyimpangan pada aturan maupun fungsi manajemen.Informasi tersebut dapat meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia dan menggambarkan berkembang atau tidaknya suatu perusahaan.

*Penulis adalah Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang, Jurusan Akuntansi

Isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here