Menu

Mode Gelap

HUKUM & KRIMINAL · 3 Jun 2024 16:55 WIB ·

Rania Naura Anindhita, Penemu Eco Lindi Berbagi Kisah Inspiratif Di SMP Al Falah Deltasari


Rania Naura Anindhita, Penemu Eco Lindi Berbagi Kisah Inspiratif Di SMP Al Falah Deltasari Perbesar

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Rania Naura Anindhita, mahasiswa berkebutuhan khusus alumni SMP Al Falah Deltasari yang kini merupakan mahasiswa Fakultas Biologi UGM Angkatan 2019, berbagi inspirasi dan motivasi kepada siswa SMP Al Falah Deltasari Waru Sidoarjo.

Rania sapaan akrabnya, berbagi kisah inspiratif tentang perjalanan hidupnya. Saat kecil, Rania mengalami gangguan pendengaran, hard of hearing (HoH), dan baru bisa mendengar dengan jelas ketika masuk SMP Al Falah Deltasari dengan memakai alat bantu dengar.

“Baru di SMP Al Falah Deltasari saya memakai alat bantu dengar dan bisa mendengar dengan jelas, termasuk mendengar langkah kakiku saat berjalan di koridor, bisa mendengar keriuhan suasana di sekolah,” terangnya, Senin (03/06/2024).

Keterbatasan pendengaran membuat Rania menjadi seorang kutu buku. Ia gemar membaca untuk membandingkan apa yang ia lihat dan alami dengan buku-buku yang dibacanya.

Masa SMP menjadi periode eksplorasi yang sangat berharga bagi Rania. Lingkungan yang suportif di SMP Al Falah Deltasari membantunya berkembang dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Malaysia dan Eropa.

“Pengalaman itu membuka mataku. Saat aku di pinggir sungai Seine di Perancis, dalam hati aku berdoa suatu saat aku harus bisa kembali ke sini,” ujarnya.

Kepercayaan diri dan kerja keras membawa Rania meraih berbagai prestasi. Setelah lulus SMP, ia diterima di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Meskipun pada awalnya ia berada di peringkat dua dari bawah, Rania mengambil risiko dengan mengikuti ekskul debat Bahasa Inggris.

Usahanya membuahkan hasil dengan meraih juara 1 debat Bahasa Inggris tingkat nasional. Prestasi ini membawanya diterima di Universitas Gajah Mada dan mengikuti program Volunteer AIESEC di Eropa selama enam minggu pada tahun 2020.

Selama di UGM, Rania juga berinovasi dengan mengadakan eksperimen mengolah sampah menjadi Eco Lindi, yang dapat menghilangkan bakteri bau sampah. Inovasi ini telah digunakan di TPA Benowo Surabaya. Rania yang kini berumur 23 tahun, akan diwisuda pada bulan Agustus tahun ini.

Dalam kesempatan ini, Rania memberikan motivasi kepada siswa kelas 7 dengan pesan, “Be your own. Kita hidup di dunia dengan mengukur diri dengan diri sendiri, bukan dengan orang lain.” Ia juga mendorong siswa untuk gemar membaca buku, memiliki role model, bersikap gigih (persistence), dan selalu ingin tahu (curious).

“Gemar membaca buku akan memperluas wawasan, role model memberikan inspirasi dan tujuan, ketekunan membawa pada keberhasilan, dan rasa ingin tahu akan membuka banyak peluang,” paparnya.

Kepala SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo, Gatot Purwanto menyampaikan, kegiatan Kelas Inspirasi ini sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa agar lebih semangat dalam meraih prestasi.

“Kegiatan ini memberikan inspirasi bagi siswa untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah,” katanya.

Waka Kesiswaan SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo, Murtiningsih menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang mandiri, berprestasi, dan selalu berusaha menjadi yang terbaik.

“Kegiatan Kelas Inspirasi diakhiri dengan sesi tanya jawab dari siswa kelas 7. Mereka nampak antusias menandakan bahwa mereka terinspirasi dan termotivasi oleh kisah hidup serta prestasi Rania Naura Anindhita. Kami berharap siswa dapat mengambil pelajaran dari pengalaman Rania dan termotivasi untuk meraih prestasi,” kata Murtiningsih,” tukasnya. (Imam Hambali/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

13 June 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Bangkalan Lantik PAW Kades Labeng, Begini Pesannya

13 June 2024 - 18:00 WIB

Pj Bupati Tanggapi Prihal Anggaran Puluhan Juta untuk Foto Kopi di Dinas Pertanian Bangkalan

13 June 2024 - 09:56 WIB

Bertahun-tahun Perusahaan Pemotongan Kapal di Bangkalan Beroperasi Tanpa Izin

12 June 2024 - 14:43 WIB

Aktivis Anti Korupsi Pertanyakan Anggaran Puluhan Juta Dinas Pertanian Bangkalan untuk Apa?

12 June 2024 - 14:25 WIB

Akhir Semester Genap, Siswa SMA Al Muslim Diberikan Simulasi Tes Speaking Bahasa Inggris

11 June 2024 - 22:57 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA