BK DPRD Sampang Sebut Tingkat Keaktifan Wakil Rakyat Rendah

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (BK DPRD) Kabupaten Sampang menilai tingkat kehadiran sejumlah wakil rakyat di parlemen Kota Bahari tergolong rendah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua BK DPRD Kabupaten Sampang H. Abdus Salam, ia mengatakan bahwa indisipliner para wakil rakyat tersebut sudah terdeteksi sejak tahun 2020, bahkan pihak mengaku telah melakukan teguran hingga surat pemberitahuan kepada fraksi dan partai politik yang bersangkutan.

“Memang masih ada sejumlah anggota dewan yang jarang masuk kerja, secara tidak langsung jelas berpengaruh terhadap kinerjanya, salah satunya pembentukan peraturan daerah dan sebagainya,” katanya.

“Teguran sudah kami berikan, bahkan melayangkan surat resmi,” timpalnya.

Dari beberapa wakil rakyat yang jarang masuk kerja didominasi oleh politisi senior, sehingga pihaknya kerap mewanti-wanti agar jika tidak bisa masuk kantor sesegera mungkin berkirim surat pemberitahuan, hal tersebut agar tidak berdampak terhadap kinerja kedewanan.

“Dari awal kami sudah menyiapkan reward dan punishment kepada semua wakil rakyat ini,” tambahnya.

Namun demikian, pihaknya juga menyadari adanya bencana sebaran virus corona atau covid-19 di Kabupaten Sampang yang juga berdampak terhadap kehadiran sejumlah wakil rakyat tersebut, namun pihaknya tetap menekankan ada produk kinerja yang tidak mempengaruhi secara signifikan. (Abdul Wahed)