Uinsa Tularkan ‘Virus’ Aman Berkendara Lewat Vlog Competitions

Pemberian hadiah vlog competitions

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Rangkaian kegiatan yang digelar UIN Sunan Ampel Surabaya bersama Yayasan Astra Honda Motor (AHM) pada 28 November 2017 lalu, tiba pada tahapan penting. Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa Timur kembali diundang untuk berdiskusi terkait peranan mahasiswa dalam mewujudkan budaya aman berlalulintas.

Dengan tema “Mahasiswa Responsif Berkendara” pada sesi sebelumnya para peserta dibekali wawasan berkendara aman dan teknik pembuatan vlog.

Kali ini, selain kembali mengangkat dan mencari solusi permasalahan di jalan raya, juga diberikan penghargaan kepada para pemenang kontes vlog.

Tiga pemenang diseleksi dari 44 karya millennials. Yakni Juara 1, Muhammad Khadafi @degreatdafi (UIN Sunan Ampel Surabaya), Juara 2 Benediktus Andre Setiawan @benediktus.andre (Universitas Airlangga), Juara 3 Alexander Christian Andre @inialek (Universitas Kristen Petra).

Selain itu, dipilih pula Pemenang Terfavorit pilihan panitia yang diraih Vandela Chiara @vandelacsa (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Juga Pemenang Terfavorit pilihan penonton atas nama Syarifuddin @ayif.n (Universitas Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan).

Para pemenang tersebut pun berhak atas hadiah Vlog Terbaik Juara 1 senilai Rp 7.000.000; Juara 2 Rp 5.000.000; dan Juara 3 Rp 3.000.000.

Sedangkan juara favorit masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1.500.000. Penyerahan hadiah dilakukan pada Rabu, 14 Maret 2018 di acara Seminar “Mahasiswa Responsif Berkendara” yang digelar di Gedung Amphiteather Lt. 2 Twin Towers UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ahmad Muhibbudin, Wakil Ketua Yayasan AHM mengungkapkan, kaum millennials selaku subjek dan objek berlalulintas sudah saatnya menjadi panglima terdepan dalam mewujudkan kebiasaan berkendara yang responsif.

“Yayasan Astra Honda Motor akan terus menjalankan komitmen dalam penguatan budaya aman berlalulintas ini,” tegas Ahmad Muhibbudin.

Lebih lanjut disampaikan Ahmad Muhibbudin, Yayasan AHM selalu menghadirkan program populis di bidang lingkungan, ekonomi, pendidikan, dan kampanye aman berlalu lintas. Kali ini pun, Yayasan AHM berkolaborasi dengan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk menularkan virus aman berkendara dikalangan mahasiswa Jawa Timur melalui seminar-seminar dan lomba Vlog.

Selain itu, Ketua pelaksana kegiatan, Muchammad Helmi Umam, mengungkapkan, bahwa keselamatan berkendara merupakan tanggung jawab bersama. Terlebih mahasiswa sebagai insan akademis. Sehingga, sudah sepatutnya jika semua elemen kampus lebih bertanggung jawab guna menularkan virus keselamatan berkendara.

“Hal ini, mungkin tidak penting bagi sensasi media. Akan tetapi, UINSA Vlog Competitions ini menjadi ikhtiyar kita bersama agar masalah berkendara menjadi perhatian penting Warga Indonesia khususnya kita sebagai Umat Muslim,” ujar Helmi Umam.

Sebab, Responsif Berkendara sebagai salah satu semangat yang digaungkan dalam kegiatan ini, merupakan bagian dari perintah Agama Islam. Dimana Islam selalu mengajarkan umatnya agar senantiasa berbuat baik kepada diri sendiri, orang lain, bahkan lingkungan.

“Responsif Berkendara, seolah menjadi sesuatu yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan agama. Padahal menjaga diri sendiri, orang lain, dan lingkungan adalah perintah Agama. Melanggarnya sama dengan melanggar perintah Agama,” tegas Helmi Umam.

Kedepan, Helmi Umam berharap, agar kegiatan ini menjadi embrio bagi tumbuhnya semangat-semangat serupa. Yakni, bagaimana dalam lingkup kecil kegiatan mahasiswa tidak hanya berhenti pada wacana, akan tetapi lebih pada tataran konstekstual kehidupan sehari-hari yag seringkali luput dari perhatian.

“Ini adalah permulaan. Kami berharap, kedepan kita bisa membangun peradaban tidak hanya dengan wacana, tapi melalui kajian teknis yang kontekstual,” pungkas Helmi Umam. (Sul/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here